Kamis, 28 Januari 2010

JENIS-JENIS TOPOLOGI DAN PENGERTIANNYA

Topologi Star : setiap sistem pengguna komputer berhubungan langsung ke server dan tidak perlu berhubungan ke pengguna komputer lain.

topologi-star

Topologi Tree/ Hierarchical : topologi ini berbentuk seperti sebuah pohon dengan cabangnya. Topologi ini terdiri atas Central Node atau komputer spesifikasi tinggi dan node (komputer spesifikasi rendah). Central Node sebagai house komputer merupakan jenjang tertinggi (top Hierarchical) yang berfungsi untuk mengkoordinasi node pada jenjang dibawahnya.

topologi-tree-hierarchical

Topologi Ring : pada topologi ini semua komputer saling berhubungan fisik membentuk lingkaran yaitu seperti topologi bus tapi ujung-ujungnya saling berhubungan. Data yang anda kirim diberi alamat (address). Tujuannya agar data sampai di komputer tujuan dengan selamat. Setiap komputer diberi repeater yang berfungsi sebagai berikut:

- Listen State : setiap data dikirim kembali dengan mengalami delay waktu.

- Bypass State : untuk menghilangkan delay waktu dari sistem yang tidak aktif.

topologi-ring

Topologi Bus : Topologi bus menghubungkan beberapa node, setiap node membuat tugasnya masing-masing. Setiap komputer disambungkan dengan terminal buss (berbentuk huruf T) dan kedua ujung diberi resistor dengan nilai resistansi 30 OHM.

topologi-bus

Topologi Switch : memiliki nama lain yaitu topologi Web, Mesh, Plex atau topologi completely connected.

topologi-switch-web-mesh-plex-completely-connected

Topologi Daisy, chain atau loop : topologi ini merupakan revolusi dari topologi bus dan topologi ring yaitu setiap simpul terhubung langsung ke dua simpul lain dan melalui kabel dan membentuk saluran, bukan lingkaran utuh. Pada topologi ini semua node berhubungan secara serial (bukan parallel) sehingga tidak mengenal Central Node dan house node karena semua memiliki status dan kedudukan yang sama.

topologi-daisy-chain-loop

0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Lincah.Com - Citroen Cars