Kamis, 21 Januari 2010

hardware dan software

Written by DOS
Jun 19, 2009 at 07:00 AM
elements Dua istilah ini mungkin sudah sering kamu dengar, dua istilah yang berkaitan dengan komputer yang kamu pakai saat ini. Sebenarnya apa sih arti dari kedua istilah itu? Hardware kalau diartikan secara harfiah (terjemah kata per kata) artinya perangkat keras. Barang fisik yang digunakan di dalam teknologi komputer. Yang namanya barang fisik, secara fisik bisa dilihat, diraba dan diterawang. Di antara hardware yang umum kita kenal seperti mouse, keyboard, monitor, harddisk, dan lain sebagainya.

business-software-scr Software kalau diartikan secara harfiah artinya perangkat lunak. Bisa dibilang sebagai "barang non fisik" dalam teknologi komputer. Jadi tidak seperti hardware yang bisa dilihat begitu saja dengan indera kita, software juga tidak bisa berdiri sendiri, tapi tergantung pada hardware. Software membuat hardware menjadi bermanfaat untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari, seperti software Internet Explorer atau Firefox yang kamu gunakan untuk membuka situs ini, Windows yang kamu gunakan untuk menghidupkan komputer, Yahoo Messenger yang kamu gunakan untuk chating, dan lain sebagainya. Istilah lain yang sering digunakan untuk software ini adalah program atau aplikasi, meskipun ada sedikit perbedaan antara istilah-istilah itu, tapi sering kali dalam praktek sehari-hari penyebutan istilah-istilah itu mengacu kepada hal yang sama.

005-kids-with-computer Jadi untuk menjalankan software, kita memerlukan hardware. Sebaliknya hardware juga tidak ada manfaatnya tanpa adanya software yang berjalan di atasnya. Coba kamu pikirkan, apa yang bisa kamu lakukan dengan keyboard, mouse atau CDROM kamu kalau komputernya mati atau tidak ada softwarenya?
Penasaran ingin tahu lebih lanjut mengenai seluk beluk dunia komputer? Silahkan tunggu artikel berikutnya di situs kesayangan kamu ini.*** (DOS)



E-mail
www.qudanilmu.com

0 komentar:


Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Powered by Blogger and Supported by Lincah.Com - Citroen Cars